KENALKAN DEMOKRASI SEJAK DINI

Tasikmalaya, Kontras- Pemilihan umum secara demokrasi tidak hanya dilakukan di tingkat nasional dalam memilih seorang kepala daerah atau Presiden sekalipun sebagai pemimpin negeri ini, namun harus diterapkan juga di lingkungan sekolah dalam melakukan pemilihan ketua atau pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
Demikian diungkapkan Kepala Sekolah SMPN 9 Kota Tasikmalaya Drs. Asep Furqonudin, MM., yang didampingi Wakasek Cecep Susilawan kepada Kontras dalam acara pelantikan pengurus OSIS baru untuk periode 2009-2010 di Kampus SMPN 9 Kota Tasikmalaya, Senin (16/2)
Menurutnya, selain pengenalan terhadap siswa-siswi tentang cara berdemokrasi dalam melakukan pemilihan, penerapan pemilu tersebut sebagai salah satu upaya untuk memberikan ilmu cara berpolitik yang baik demi menciptakan keadilan.
“ Sebelum melakukan pemilihan, kami mengadakan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) terlebih dahulu, yang termasuk didalamnya ada pertanggung jawaban dari para pengurus OSIS lama dan penyaringan terhadap beberapa pasang kandidat sebagai calon untuk pengurus baru yang akan dipilih, dan dilanjutkan dengan masa kampanye masing-masing kandidat selama sepekan sebelum menginjak ke hari-H,” katanya.
Ia juga menjelaskan, sebagai hak pilih dalam pemilu OSIS yang digelarnya tersebut, melibatkan seluruh warga sekolah termasuk para staf dan tenaga pengajar disekolah tersebut.
Lebih lanjut kata Asep, hasil dari pemilihan yang dilakukan sebagaimana layaknya pemilu tingkat nasional itu, terpilih satu dari tiga pasang kandidat sebagai pengurus OSIS baru yaitu Fahmi dari kelas 8D sebagai ketua dan M. Rafi kelas 7A sebagai wakil ketua OSIS SMPN 9 Kota Tasikmalaya yang baru.
Selanjutnya, Ia berharap kepada para pengurus OSIS yang baru supaya dapat terus menghidupkan gema kampus dari awal hingga akhir aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM), serta mampu mengimbangi setiap kegiatan yang sudah menjadi program SMPN 9 Kota Tasikmalaya, mengingat saat ini sekolah tersebut merupakan salah satu rintisan sekolah standar nasional (RSSN) dari beberapa sekolah di kota Tasikmalaya.(Ndra)

0 komentar: