diduga manipulasi data KTSI - KETUA HGH PALSUKAN TANDA TANGAN DAN GELAPKAN UANG HONORER

TASIKMALAYA - Ketua Himpunan Guru Honorer (HGH) inisial Er (25) Diduga telah melakukan tindak penipuan dan penggelapan tanda tangan dan uang para anggota guru honor se-Kabupaten Tasikmalaya di perkirakan jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah.

Kejadian ini terungkap setelah para anggota HGH (Himpunan Guru Honorer) mengadukan mengadukan nasib mereka kepada ketuanya, namun ibu Er kerap menuding dan berkilah menanyakan sejauhmana kredibilitas para anggota yang diberikan terhadap pemerintah Kabupaten dan kalau menurut penilaiannya layak maka akan diberikan, namun sampai saat ini belum juga diselesaikan.

“Saya juga bingung karena penilaian layak atau tidak itu tidak berdasar pada apa yang diberikan kami selaku guru honorer mengabdi di sekolah selama ini, jadi penilaian berdasar apa?, dan lagi sebagaian dari kami yang berada di luar kepengurusan HGH namun katanya diikut sertakan namanya,” aku ibu N berasal dari daerah Cisayong

Belum lagi usai, ketua HGH ini pun diduga kuat telah memalsukan sejumlah tanda tangan bahkan dari jumlah anggota yang diajukan digelembungkan hingga jumlahnya banyak dari data sebenarnya sebelum diajukan ke Pemda Tasik.

“Menurut laporan yang telah masuk kepada kami Komunitas Tenaga Sukwan Indonesia (KTSI) Kabupaten Tasikmalaya, mereka telah menggunakan data anggota kami sebelumnya yang belakangan ini terungkap setelah kami melakukan investegasi dan inventarisir data yang ada. Terus juga yang saya tahu, mereka mengajukan proposal kepada Pemda Tasikmalaya agar HGH mendapat perhatian dari Pemda,” ungkap Ketua I Dewan Pimpinan Daerah KTSI Kabupaten Tasikmalaya, Toto Kurnia

Lebihlanjut diterangkan Toto, kalau melihat legalitas organisasi, kamilah yang paling legal sebab KTSI Kabupaten Tasik telah memiliki legalitas formal yang dibuktikan dengan Akta Notaris, No inpentaris dari KESBANG Kab. Tasik dan terdaftar di KESBANGPOL PROVINSI JABAR serta Kesbang Pol Departemen Dalam Negeri RI.

“Ini masalahnya, munculnya HGH dengan mencatut sebagian besar anggota kami, ini merupakan suatu tindakan yang merugikan pihak kami terlebih lagi nama saya juga katanya telah dimanipulasi termasuk didalamnya. Jadi kalau bicara legal kami lah yang legal, makanya setelah data kami lengkap kami akan mengadukannya kepihak kepolisian untuk sesegera mungkin diselesaikan karena sudah merugikan pihak kami (KTSI),” tambah Toto.

Menurut catatan, tindakan penipuan HGH dengan memanipulasi data dari KTSI yang berjumlah 4000 anggota, diperkirakan jumlah dana yang diterima Er mulai dari tahun 2007 diperkirakan Er mendapat 600 jutaan hingga tahun 2008 diperkirakan mendapat 700 jutaan tentu saja kalau selama 2 tahun ini diperkirakan mencapai Milyaran rupiah.

“Er memang pandai dengan diduga kuat di bantu oleh teman dekatnya yang notabene bisa meluluskan niat Er, akhirnya usahanya itu berhasil bahkan diperkirakan dari dua tahun ini jumlah uang yang didapatnya hampir mencapai milyaran rupiah katanya,” kata Toto memaparkan temuannya.

Ketidakberesan ini juga telah tercium oleh ketua PGRI Kabupaten
Tasikmalaya, Opan Sopian, S. Pd., di lapangan pramuka Mangunreja beberapa waktu lalu, “kami sudah mendengar kejadian itu bahkan telah memanggil dan memperingati Er agar sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan ini, namun sampai saat ini kami masih menunggu, ” kata Opan

Opan menegaskan kalau HGH masih belum bisa menyelesaikan permasalahan ini, kami PGRI akan melakukan tindakan pembekuan organisasi HGH dan turut mendukung pihak berwajib untuk melakukan proses selanjutnya,” tegas Opan

Sementara dari kejadian tadi Toto menyayangkan pihak pemerintah yang tidak mencek lagi keberadaan organisasi tersebut sehingga terjadinya kejadian ini.

“Kalau saya hanya menyayangkan pihak Pemda tidak melakukan antisipasi atau mencek terlebih dahulu, atau terkesan lalai dan hanya sekedar memberikan bantuan saja kepada HGH. Namun ini sudah terjadi, sekarang kami hanya ingin meminta bantuan pemda untuk memberikan bantuan kepada kami KTSI untuk mengusut kasus ini hingga tuntas seperti nama-nama penerima, peruntukannya apa dan kepada siapa kucuran dana itu mengalir kalau ini dapat dibantu saya sangat berterima kasih,” pungkas Toto (Jang)

0 komentar: